Asal Usul Ayam Bangkok, Ayam Yang Memiliki Pamor Tertinggi Di Gelanggang Aduan

ayam bk

Pada tulisan kami yang pertama ini kita akan membahas mengenai asal usul ayam bangkok atau yang dikenal juga dengan sebutan ayam bk ini,. Bagi penggemar ayam aduan tentu sangat mengenal jenis ayam aduan ini dimana ayam ini sendiri dudah sangat terkenal diseluruh dunia,. Ayam ini menjadi ayam primadona karena keunggulan yang dimiliki seperti gaya bertarung, gaya menyerang dan juga cara bertahan dari serangan pukulan lawan,. Keunggulan yang dimiliki ayam bk ini bahkan dianggap belum ada yang mampu mengalahkan pamornya di gelanggang aduan,. Hal ini jelas membuat ayam ini semakin populer dan bahkan banyak orang yang berusaha untuk mendapatkan ayam bk asli meski dengan harga yang tinggi,.

Di Indonesia ayam ini juga menjadi salah satu ayam populer dimana hampir diseluruh daerah bisa kita temukan ayam ini,. Hanya saja mengenai keasliannya belum terjamin karena banyaknya jenis ayam aduan lainnya yang dikawin silangkan untuk mendapatkan keturunan yang lebih baik,. Bahkan tidak jarang orang yang mencoba mengawin silangkan dengan ayam aduan dari negara lain seperti ayam birma, ayam saigon dan lain sebagainya,. Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk menemukan ayam bangkok asli di Indonesia sangatlah susah,.

Sejarah Ayam Bangkok

Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa ayam bk ini merupakan ayam aduan yang dikenal pertama kali oleh para penghobi sabung ayam dari China,. Dimana pada masa itu para pedagang China ini menemukan ayam tersebut dan menemukan keunggulan dari ayam tersebut,. Sejak saat itulah para pedagang China mencoba memperkenalkan ayam ini sekaligus mencari ayam aduan lainnya yang mampu mengalahkan ayam ini,.

Ayam bangkok pertama kali ditemukan pada tahun 1400 sebelum masehi di negeri China,. Jika kita membahas ayam bangkok maka tidak akan lepas dari adu ayam (sabung ayam),. Pada awalnya di China ayam ini disiapkan untuk sabung ayam,. Pada akhirnya kegiatan sabung ayam ini makin meluas, sehingga orang berusaha mencari bibit-bibit unggul yang bisa diandalkan,. Saat itu orang China sudah bisa mengawinkan ayam kampung yang ada di daerah mereka dengan ayam jantan yang berasal dari Myanmar, Vietnam, India, Laos dan Thailand,. Mereka melakukan ini untuk mendapatkan bibit ayam yang benar-benar kuat sehingga bisa melunpuhkan lawannya hanya dalam satu kali tendangan,.

Baca Juga >>  Bagaimana Cara Membedakan Ayam Jantan & Betina Pada Usia 1 - 30 Hari?

Berdasarkan catatan sejarah orang-orang Thailand telah berhasil memperoleh jagoan baru sekitar satu abad yang lalu,. Jagoan ini sangat kuat, sehingga disebut king’s chiken,. Pukulan ayam ini sangat mematikan, gerakannya cepat dan ketika diadu otaknya jalan,. Di negeri Cina, ayam ini diberi nama leung hang qhao oleh para penyabung ayam,. Sementara di negara Indonesia disebut dengan nama ayam Bangkok,.

Ayam jagoan baru dari Thailand tersebut mampu mengalahkan hampir seluruh ayam domestik dari Cina,. Hal inilah yang menyebabkan orang-orang Cina berusaha keluar masuk hutan agar bisa mendapatkan ayam asli yang akan dikawinsilangkan dengan ayam jago dari Thailand tadi,. Dengan cara ini diharapkan mereka bisa memperoleh ayam jago unggul yang bisa menaklukkan ayam jago perkasa yang berasal dari Thailand itu,.

Nah, di Indonesia sendiri ayam ini diperkirakan masuk ke Indonesia pada masa kerajaan dahulu,. Dimana para pedagang dari luar membawa ayam ini dan mencoba untuk mengenalkan ayam tersebut di Indonesia,. Sejak saat itulah ayam bangkok ini mulai menyebar dan mendapat banyak peminat apalagi di Indonesia permainan menyabung ayam ini adalah permainan rakyat,. Hanya saja kita tidak bisa tahu kapan dan siapakah yang membawa ayam ini pertama kali ke Indonesia,.

Demikianlah ulasan singkat kita tentang asal usul ayam bangkok yang memiliki pamor tertinggi di gelanggang aduan,. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita sesama penghobi sabung ayam di Indonesia,. Salam satu hobi,.