Keistimewaan Ayam Suro Ireng Menurut Kitab Primbon Jawa

Ayam Suro Ireng

Keistimewaan Ayam Suro Ireng Menurut Kitab Primbon Jawa – Katuranggan Ayam Bangkok Suro hingga kini masih menjadi incaran banyak orang,. Ayam suro dikenal memiliki kelebihan serta ciri ciri yang tidak dimiliki oleh ayam aduan lainnya sehingga ayam ini tergolong langka,. Salah satu ayam suro yang banyak dicari orang pada saat ini adalah ayam suro ireng dimana dalam kitab primbon jawa disebutkan bahwa ayam ini hanya bisa dikalahkan oleh ayam suro ireng atau lainnya,.

Jika dilawan oleh ayam bangkok lainnya, dapat dipastikan ayam lawan akan kalah bahkan dalam waktu yang singkat,. Namun untuk kebenarannya sendiri kita harus mengujinya sendiri,. Keunggulan dari Ayam Suro Ireng ini adalah terletak pada serangan pukulannya yang sangat cepat,kuat dan termasuk sangat mematikan,. Ayam lawan akan sangat mudah ditumbangkan,hanya dengan beberapa pukulannya yang cepat keras dan sangat menyengat tersebut,.

Bahkan tak jarang ayam lawan akan langsung tumbang apabila terkena pukulan taji atau jalunya yang mengoyak badan ataupun menembus kepala lawannya,. Suro ireng yaitu jenis ayam suro yang diyakini mempunyai pukulan yang sangat kuat dan akurat,. Pukulan dari ayam aduan ini sering tepat sasaran dan dapat mengenai bagian syaraf di leher dan kepala lawan,.

Ciri Ciri Ayam Suro Ireng

Kalau berbicara mengenai ciri ciri dari ayam suro ireng ini, barangkali bagi kita yang masih kurang pengalaman akan sulit melihatnya,. Akan tetapi disini kami akan mencoba memberikan ciri ciri umum yang bisa digunakan untuk membedakan ayam suro ireng dengan ayam lainnya,.

Ciri ciri pada bagian kepala Ayam suro ireng ini yakni memiki jengger terbelah tiga atau dikenal juga dengan jengger Tigan,. Sedangkan pada bagian mata lebih emncolok karena memiliki mata yang hitam sesuai dengan namanya yakni Ireng yang dalam bahasa indonesia berarti hitam atau kelam,.

Baca Juga >>  Asal Usul Ayam Bangkok, Ayam Yang Memiliki Pamor Tertinggi Di Gelanggang Aduan

Perpaduan warna dasar hitam dengan rawis merah hati atau biasa disebut wiring,. Perpaduan warna dasar hitam ini juga mendominasi bagian kaki sehingga bisa dibilang ayam ini terlihat memiliki warna yang gelap,.

Dan ciri terakhir yakni dapat dilihat pada bagian jalu,. Ayam suro ireng memiliki jalu yang panjang namun tidak terlalu tajam,. Ayam bangkok suro ireng ini juga memilki daya tarik dari segi teknik pukulanya yang ampuh dan sangat keras.

Demikianlah sedikit ulasan kami mengenai Keistimewaan Ayam Suro Ireng Menurut Kitab Primbon Jawa,. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai katuranggan ayam suro yang sangat legendari ini,. Salam Satu Hobi,.

[IKLAN]
sabung ayam s128