Membentuk Badan Ayam Bangkok Yang Proporsional

Ayam Bangkok

Badan Ayam Bangkok yang proporsional atau ideal adalah postur tubuh yang besar dan juga keras,. Postur tubuh yang seperti ini adalah kunci utama untuk mendapatkan ayam aduan berkualitas sehingga memiliki kemampuan bertarung yang baik,. Untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal ini tentunya kita harus memberikan perawatan dan latihan yang teratur dan juga sesuai dengan usia ayam tersebut,. Kita tidak bisa memberikan perawatan dan latihan yang berlebihan sehingga dapat mengganggu pertumbuhan badan ayam tersebut,.

Bentuk tubuh yang proporsional ini sangat mendukung kemenangan saat berlaga nantinya,. Karena tanpa postur tubuh yang bagus, ayam yang memiliki teknik bertarung yang baik sekalipun akan tumbang jika mendapatkan lawan gandeng yang memiliki tubuh tegap, keras dan besar,. Jadi sangatlah penting untuk membentuk tubuh yang proporsional seperti ini,. Bayangkan saja jika ayam kita memiliki teknik bertarung ayang bagus dan diimbangi dengan badan yang proporsional,. Tentunya ayam kita ini akan memiliki pamor yang bagus pula saat diturnkan di gelanggang aduan,.

Tahap Membesarkan dan Mengeraskan Badan Ayam Aduan

Dalam memelihara ayam aduan tentunya para pemiliki ayam akan memperhatikan berbagai hal dan yang terutama badan ayam tersebut,. Badan ayam yang ideal dan diinginkan para penggemar tentunya memiliki badan yang besar dan keras,. Jadi dalam hal ini para pemilik akan memberikan perawan dan latihan agar badan yam sesuai dengan yang diinginkan,. Dalam merawat dan melatih ini tentunya harus menggunakan cara yang tepat serta dilatih secara khusus,. Untuk cara membesarkan dan mengeraskan badan ayam aduan ini, kami akan memberikan informasi yang mungkin akan berguna bagi anda penggemar ayam aduan,.

Dalam dunia ayam bangkok kita juga mengenal kesitimewaan ayam berdasarkan ciri fisik dari ayam tersebut,. Seperti katuranggan sisik, katuranggan ayam suro dan juga katuranggan warna bulu yang mana setiap ayam ini memiliki ciri serta keistimewaan masing masih,. Nah, jika sudah mendapatkan ayam yang memiliki kesitimewaan ini tentunya kita memberikan perawatan dan latihan untuk mendaptkan badan yang besar dan keras atau proporsional,.

Baca Juga >>  Asal Usul Ayam Bangkok, Ayam Yang Memiliki Pamor Tertinggi Di Gelanggang Aduan

Membesarkan Badan Ayam Bangkok

Untuk mebesarkan badan ayam bangkok dapat kita berikan perawatan dalam bentuk makan yang diberikan,. Jenis pakan serta usia ayam harus diperhatikan saat memelihara ayam tersebut,. Nah, untuk cara membesarkan badan ayam bangkok dapat dilakukan perawatan yang kami kutip dari blog hobi ayam bangkok (hobiayam.net) sebagai berikut,.

  1. Untuk anak ayam yang masih berusia 1 minggu hingga 1 bulan, ayam sebaiknya diberikan pakan yang mengandung protein, vitamin serta gizi yang lengkap,. Karena pada usia ini adalah usia dimana masa perumbuhan yang menentukan keberhasilan untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal,. Makanan yang biasa diberikan botoh ayam pada usia ini adalah Voor 592 yang dicampurkan dengan susuk bubuk dengan perbandingan 1:5 (Contoh: 1 kg susu dicampur dengan 5kg pakan).,
  2. Setelah melewati usia 3 bulan,, pakan diganti dengan pakan yang memiliki tekstur lebih kasar dari sebelumnya,. Pakan yang diberikan bisa berupa voor 594 yang bisa dicampurkan dengan nasi putih,, Namun untuk melengkapi gizinya juga bisa ditambahkan susuk bubuk sama seperti pada usia 1 minggu hingga usia 3 bulan diatas,.
  3. Untuk jenis makanan lain pada usia 3 bulan keatas yakni dapat ditambahkan dengan memberikan daun pepaya yang berfungsi penambah nafsu makan,. Caranya yaitu dengan mencampur daun pepaya sebanyak 30% dicampur dengan katul 40%, jagung 20% dan konsentrat 10%,. Cara membuatnya yaitu daun pepaya dipotong halus atau dijemur sampai kering kemudian direbus dengan air hingga matang, campur dengan katul yang telah ditumbuk dengan sedikit air matang dan diberikan pada ayam tersebut,.
  4. Setelah ayam mulai beranjak usia dewasa,, pakan sudah bisa diberikan dalam bentuk pakan kasar seperti beras merah, gabah, jagung dan lain sebagainya,. Namun jangan sampai lupa memberikan makanan tambahan atau suplemen untuk menunjang pertumbuhan badan serta menjaga perkembangan badan ayam tersebut,.
Baca Juga >>  Pengobatan Mata Ayam Berair dan Berbusa (Obat Apotik dan Alami)

Mengeraskan Badan Ayam Bangkok

Setelah badan ayam mulai membesar, selanjutnya adalah bagaimana cara mengeraskan badan ayam tersebut,. Dalam hal mengeraskan badan ayam ini, biasanya botoh ayam akan memberikan latihan dalam bentuk latihan otot,. Latihan ini bisa berupa latihan otot sayap,, latihan renang,, juga latihan lompat,, dan juga latihan abar,.

Khusus untuk latihan otot ayam ini sebaiknya lakukan latihan sesuai umur ayam tersebut,. Karena umur ayam juga menentukan pada bagian otot ini,. Cara melakukan latihan sama dengan cara ayam bangkok kurang stamina di atas,. Tapi perlu di ingat, perlakukan ayam sesuai umurnya,. Ayam bangkok yang kurang dalam melakukan latihan, kinerja yang di berikan juga tergolong lambat tidak maksimal,. Jika anda mengiginkan ayam bangkok yang berkualitas dan juara laga, latih ayam bangkok anda secara rutin, benar dan terjadwal agar stamina dan tenaga selalu bugar,.

Bila ingin menguatkan kuda-kuda serta otot sayap ayam Bangkok petarung taruhlah kesangkar,. Lalu, gantung ayam setinggi 1meter untuk tali, putar ayam. Biasakan ayam ini setiap hari selama 5 jam dalam pelatihan,. Dilatih situasi ayam aduan untuk meloncat keatas,. Dan tiap senja ayam dimasukkan ke dalam gulungan karet berdiameter 1 meter tinggi 70 cm,. Nantinya ayam akan berusaha keluar & meloncat ke bibir karet,. Hal itu akan memperkuat dan menambah berat pukulan ayam aduan,.

Demikianlah artikel tentang Membentuk Badan Ayam Bangkok Yang Proporsional yang dapat kami sampaikan,. Semoga dapat berguna bagi anda dalam merawat dan melatih ayam aduan anda sehingga mendapatkan postur tubuh yang ideal seperti yang anda harapkan,. Salam satu hobi,.

[IKLAN]
sabung ayam s128